Wisata Gua Jomblang

Gua Jomblang adalah salah satu gua dari beberapa ratus kompleks gua Gunungkidul yang populer lantaran kekhasan serta keindahannya yg tidak terbantahkan. Pada th. 2011, Gua Jomblang jadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika. Terdapat di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah ; sampai lokasi karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur ; gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk disebabkan sistem geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke basic bumi yang berlangsung beberapa ribu th. lantas. Robohan ini membuat sinkhole atau sumuran yang dalam bhs Jawa di kenal dengan arti luweng. Karenanya gua yang mempunyai luas mulut gua seputar 50 mtr. ini kerap dimaksud dengan nama Luweng Jomblang.
Untuk masuk Gua Jomblang dibutuhkan kekuatan tehnik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Oleh karenanya, siapa saja yang akan caving di Jomblang harus memakai peralatan spesial yang sesuai sama standard kemanan caving di gua vertikal serta mesti didampingi oleh penelusur gua yang telah memiliki pengalaman. Berbarengan rekan-rekan caver dari Jomblang Resort, YogYES juga berusaha untuk caving di gua yang eksotik ini. Sesudah menggunakan coverall, sepatu boot, helm, serta headlamp, seseorang pemandu juga memasangkan SRT set di badan YogYES sembari menuturkan nama serta fungsinya semasing. SRT set itu terbagi dalam seat harness, chest harness, ascender/croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, dan cowstail pendek.

Petuangan menuju kedalaman perut bumi juga diawali dengan jalan meninggalkan basecamp menuju bibir gua yang telah disediakan juga sebagai lintasan. Terdapat banyak lintasan di Gua Jomblang dengan ketinggian bermacam mulai 40 sampai 80 mtr.. Berhubung ini baru pertama kalinya YogYES menuruni gua vertikal jadi lintasan yang diambil adalah lintasan terpendek yang di kenal dengan jalur VIP. 15 mtr. pertama dari teras VIP ini adalah slope yang yang masih tetap dapat ditapaki oleh kaki. Kemudian dilanjutkan menuruni tali selama lebih kurang 20 mtr. untuk hingga di basic gua. Rasa kuatir yang pernah hinggap waktu melayang di hawa segera menghilang demikian menjejakkan kaki kembali diatas tanah.

Panorama yang ada di depan mata mengundang decak mengagumi akan. Bila diatas sejauh mata melihat cuma bakal menjumpai perbukitan karst serta jati yang meranggas, jadi di perut Gua Jomblang terhampar panorama hijaunya rimba yang sangatlah subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, sampai pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Rimba dengan vegetasi yang jauh tidak sama dengan keadaan diatas ini kerap di kenal dengan nama rimba purba. Mulai sejak sistem robohnya tanah ke bawah, vegetasi ini selalu hidup serta berkembang biak sampai sekarang ini.

Luweng Grubug, Sinar Surga yang Kasat Mata

Penelusuran gua kesempatan ini tak berhenti di Jomblang, tetapi dilanjutkan menuju Luweng Grubung dengan masuk suatu entrance (mulut gua) yang memiliki ukuran sangatlah besar. Jomblang & Grubug dikaitkan dengan suatu lorong selama 300 mtr.. Aneka ornament cantik ikut menghiasi lorong ini, seperti batu kristal, stalaktit, dan stalagmit yang indah. Tidak berapakah lama jalan terdengar nada gemuruh aliran sungai serta seberkas sinar jelas di dalam kegelapan. YogYES juga mempercepat langkah manfaat lihat apa yang ada di depan.

Suatu mahakarya Sang Pencipta yang sungguh mempesona terpampang dihadapan. Sungai bawah tanah yang masih tetap satu system dengan Kalisuci mengalir dengan deras. Cahaya matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 mtr. membuat satu tiang sinar, menyinari flowstone yang indah dan kedalaman gua yang gulita. Air yang menetes dari ketinggian ikut membuat cantik panorama. Sebentar YogYES tak dapat berbicara, cuma ada perasaan takjub serta kagum. Pada akhirnya dengan mata kepala sendiri YogYES dapat melihat lukisan alam yang di kenal dengan arti sinar surga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s